BUDIDAYA KORO BEDOG ( KORO PEDANG )

koro bedogDi wilayah Perum Perhutani KPH Purwodadi untuk menujuKPH Purwodadi GO TO MANDIRI  “ telah melakukan upaya terobosan optimalisasi asset dengan Budi Daya Koro Bedog ( Canavalia Ensiformis ) tanaman yang berasal dari Amerika selatan dan Amerika Tengah, merupakan liana tahunan yang ber umur pendek dengan sistem perakaran yang dalam, belukar yang membelit.

Didunia Internasional tanaman ini dikenal dengan nama JACK BEAN atau HORSE BEAN, sedangkan di Indonesia dikenal sebagai tanaman ; Kacang Mekah, Koro Bedog, Koro Pedang ( Jawa Barat ), koro Bendo ( Jawa Tengah ), Koro Wedung ( Madura ) dan di daerah Sumatra Barat sering disebut Kacang Kayu.

Usaha budi daya tanaman koro bedog adalah sebagai jenis komuditas yang ditanam secara tumpangsari pada lokasi yang telah disepakati dengan kerjasama dan partisipasi aktif dari LMDH serta KTH setempat dengan prinsip input dan output

Dalam upaya budidaya tanaman koro bedog tersebut Perum Perhutani KPH Purwodadi melakukan kerja sama dengan PT. Panca Jaya Semesta Cabang Purwodadi Grobogan, adapun lahan yang dikerjasamakan dengan PT. Panca Jaya Semesta tersebut seluas 51,40 Ha yang ditanam dibawah tegakan/ tanaman jati muda yang terletak di 5         ( lima ) lokasi diantaranya di BKPH Bandung seluas 13,6 Ha yang dilaksanakan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) Subur, di BKPH Karangasem seluas 14 Ha dikerjakan bersama LMDH Moko Lestari dan LMDH Hutan Lestari , BKPH Tumpuk seluas 10 Ha dikerjakan besrsama LMDH Sumber Jati Mulyo, sedang di BKPH Penganten seluas 10 Ha dikerjakan bersama LMDH Wana Tani Mulyo dan sisanya seluas 3,8 Ha dikerjakan oleh Anggota Pramuka SAKA Wana Bakti Binaan Perum Perhutani KPH Purwodadi, dan  Kelompok  Tani Hutan Kota  Eks TPK Getasrejo.

Menurut Prodono Dirdjo Sanjoto Direktur PT. Panca Jaya Semesta, bahwa Manfaat dari biji koro bedog  yang matang kemudian digiling  dapat digunakan sebagai makanan ternak yang bergizi tinggi , biji yang masih muda dapat digunakan sebagai sayuran sedangkan bunga,daun yang masih muda kemudian dikukus bisa digunakan sebagai penyedap rasa alami.

Koro bedog jika ditanam dengan pola penanaman yang benar maka dalam 1 Ha lahan akan menghasilkan buah kering berkisar anatara 8 – 12 ton.

Kacang koro bedog/ pedang saat ini telah dicanangkan menjadi tanaman alternatif pengganti kacang kedelai. Untuk itu, sudah ada tiga kecamatan di Subang yang tercakup dalam program penanaman ini. Daerah-daerah itu adalah Kalijati, Cagak, dan Sagalaherang.

Koro Bedog / Koro Pedang pihak melirik alternatif lain untuk mengganti kedelai. Dan pilihan jatuh pada kacang koro pedang. Menurut pakarnya, kacang koro pedang memiliki khasiat antioksidan lebih tinggi ketimbang kedelai. Bahkan harganya juga lebih murah.

Selamat Datang Di KPH Purwodadi

Untuk menuju KPH Purwodadi GO To MANDIRI maka mulai saat sekarang KPH Purwodadi telah melaksanakan upaya-upaya serta terobosan melalui peningkatan dan Optimalisasi asset yang ada baik berupa lahan maupun bangunan.
Guna pengelolaan hutan secara lestari, maka di tahun 2010 KPH Purwodadi mulai start up dalam Program Pengelolaan Hutan Lestari ( PHL )

SEKRETARIAT PHL KPH. PURWODADI

INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI : 1. Bagian PSDH. KPH Purwodadi 2. Humas KPH. Purwodadi Alamat : Jalan Gatot Subroto No.1 Purwodadi Telepon : 0292-421020

BANTUAN 1000 BATANG BIBIT JATI

Guna menghijaukan lahan kosong dan mempertahankan situs Sendang Tlogo petilasan Jokotarub dengan Dewi Nawang Wulan, Perum Perhutani KPH Purwodadi telah memberikan bantuan 1000 batang bibit jati yang diserahkan kepada pihak Keraton Surakarta Hadiningrat yang di terima langsung oleh Gusti Kanjeng Ratu Wandansari ( Gusti Mung )

PENYIMPANAN ONLINE GRATIS

Blog Stats

  • 22,242 hits

FREE COUNTER

SPONSOR

Grup Google
Langgani putra rimba
Email:
Kunjungi grup ini

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: